120403 AUDIT TERHADAP SIKLUS PRODUKSI PENGUJIAN DAN PENGENDALIAN TERHADAP SALDO SEDIAAN | Part.2

Published April 3, 2012 by seilyariskyu

120403 AUDIT TERHADAP SIKLUS PRODUKSI PENGUJIAN DAN PENGENDALIAN TERHADAP SALDO SEDIAAN | Part.1

KLIK http://t.co/xFqSBSHw

 

2.3 PENGUJIAN TERHADAP SALDO AKUN RINCI

a)     Pangamatan terhadap perhitungan fisik sediaan dilakukan untuk membuktikan asersi :

  1. Keberadan dan keterjadian
  2. Kelengkapan
  3. Penialaian sediaan

Auditor melakukan pengamatan terhadap perhitungan fisik sediaan. Prosedur audit yang ditempuh oleh auditor dalam melaksanakan pengamatan terhadap perhitungan fisik sediaan ialah:

  1. Memeriksa instruksi tertulis mengenai perhitungan fisik sediaan
  2. Melakukan pengamatan terhadap perhitungan fisik sediaan yang dilakukan oleh klien

 Periksa instruksi tertulis mengenai perhitungan fisik sediaan. Instruksi tertulis mengenai perhitungan fisik sediaan sebaiknya disusun bersama antara klien dengan auditor independen, sehingga jika instruksi tersebut digunakan untuk melaksanakan perhitungan fisik sediaan, tidak terjadi pengajuan keberatan-keberatan oleh auditor karena pertimbangan ketelitian dan keandalan prosedur perhitungan atas sediaan.

 
Lakukan pengamatan terhadap penghitungan fisik sediaan yang dilakukan oleh klien. Penghitungan fisik sediaan merupakan prosedur yang harus dilaksanakan oleh klien untuk menjamin ketelitian data sediaan yang dicatat di dalam catatan akutansinya. Pengamatan terhadap perhitungan fisik sediaan dilaksanakan oleh auditor dengan tujuan;

  1. Untuk menguji efektivitas pengendalian intern terhadap sediaan
  2. Untuk menguji kewajaran informasi sediaan yang di cantumkan di neraca.

Pengamatan terhadap perhitungan fisik sediaan disebut dual purpose test yaitu pengujian yang mempunyai tujuan ganda. Dalam prosedur pengamatan terhadap perhitungan fisik sediaan ini, auditor melakukan kegiatan ini;

  • Melakukan hitung uji (test count)  terhadap perhitungan fisik yang dilakukan oleh klien.
  • Melakukan compilation test, yaitu pengujian penyalinan data di dalam kartu penghitungan fisik (inventory tags) kedalam daftar hasil perhitungan fisik  (inventory summary sheets.
  • Melakukan pricing test, yaitu pengujian pencantuman kos persatuan setiap jenis sediaan yang di cantumkan didalam daftar hasil perhitungan fisik dan perkalian kos persatuan tersebut dengan kuantitas hasil perhitungan fisik sediaan.
  • Melakukan adjustment test, yaitu pengujian adjustment yang dilakukan oleh klien terhadap data sediaan didalam kartu sediaan atas dasar  data yang tercantum didalam daftar hasil perhitungan fisik.


b)     Kirimkan Surat Konfirmasi Sediaan yang Disimpan di Gudang Pihak Luar

Untuk memperoleh keyakinan tentang eksistensi sediaan klien yang disimpan di gudang luar, auditor perlu mengirim kan surat konfirmasi kepada perusaahan yang menyimpan sediaan tersebut. Prosedur audit ini ditunjukkan untuk membuktikan asersi berikut ini;

  1. Keberadaan atau kejadian
  2. Kelengkapan
  3. Hak kepemilikan

 

Mintalah informasi mengenai barang-barang klien yang dijual secara konsinyasi dan barang-barang titipan yang ada ditangan klien. Laporan penjualan barang konsinyasi yang diterima oleh klien dari perusahaan yang dititipi barang merupakan sumber informasi untuk mengetahui sediaan klien yang berada di tangan perusahaan lain. Copy laporan penjualan barang titipan yang dibuat klien untuk perusahaan yang menitipkan barang merupakan sumber informasi untuk mengetahui sediaan yang ada ditangan klien namun bukan merupakan milik klien.

 

Mintalah informasi mengenai sediaan yang dijadikan jaminan penarikan utang. Informsai mengenai sediaan klien yang dijaminkan dalam penarikan utang dapat diperoleh auditor dengan cara mewawancarai manajer keuangan dan me-review jawaban konfirmasi dari bank.

 

Lakukan pengujian terhadap penilaian sediaan. Mintalah informasi mengenai metode penilaian sediaan yang digunakan oleh klien. Menurut prinsip akutansi berterima umum,sediaan diasajikan di neraca sebesar nilai nya pada tanggal neraca. Terdapat 3 metode penilaian harga pasar, kos historis, dan lower of cost or market.

 

Periksa kesesuaian kos per satuan sediaan dengan prinsip akutansi berterima umum.

 

Periksa catatan pendukung yang bersangkutan dengan data kos per satuan sediaan.

 

 Bandingakan laba bruto tahun yang di audit dengan laba bruto tahun sebelumnya. Pembandingan laba bruto tahun yang diaudit dengan laba bruto tahun sbelumnya digunakan sbagai dasar untuk menilai kewajaran nialai sediaan barang dagangan dengan menggunakan laba bruto (gross profit method).

 

Lakukan pengamatan terhadap unsur sedian yang rusak. Hitung tingkat perputaran sediaan dan bandingkan dengan tingkat perputaran sediaan tahun sebelumnya.

 

Lakukan pengamatan terhadap sediaan yang lambat pemakaiannya atau penjualannya. Pengamatan terhadap sediaan yang lambat pemakaiannya atau penjualannya harus dilakukan karena sediaan tersebut akan mempunyai nilai yag berkurang dari kos perolehannya.

 

Mintalah surat representasi dari klien. Surat ini digunakan oleh auditor untuk menyadarkan klien bahwa tanggung jawab atas kewajaran informasi yang disajikan di dalam laporan keuangan berada di tangan klien bukan ditangan auditor. Surat ini berisi pernyataan klien mengenai sediaan yang disajikan di neraca.

 

c)     Pemeriksaan Penyajian dan Pengungkapan Sediaan Dineraca

  1. Periksa klasifikasi klasifikasi sediaan dineraca.
  2. Periksa pengungkapan yang bersangkutan dengan sediaan.
  3. Lakukan analytical review (review menyeluruh) terhadap sediaan.

 

 

Credit by : Riska Haryati Seilya

Posted by : @seilyariskyu [www.riskaseilya.wordpress.com]

TAKE OUT WITH FULL & PROPER CREDIT

ALWAYS CREDIT ‘RISKASEILYA.WORDPRESS.COM’ AS WELL. Thank you

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: