120123 Akuntansi Biaya – Budged Variance

Published Januari 23, 2012 by seilyariskyu

 BUDGED VARIANCE

 

1. Selisih anggaran

Selisih aggaran menunjukkan biaya yang sesungguhnya terjadi dengan taksiran biaya yang seharusnya dikeluarkan menurut anggaran. Selisih anggaran pada dasarya berhubungan dengan biaya overhead pabrik variable. Tetapi jika BOP tetap berbeda dengan apa yang dianggarkan, misalnya kenaikan pajak, tarif premi asuransi atau kenaikan biaya depresiasi karena tambahan fasilitas pabrik hal itu semua juga dapat menimbulkan selisih anggaran.

 

2. Selisih kapasitas

Selisih kapasitas disebabkan karena tak dipakainya atau dilampauinya kapasitas yang dianggarkan. Jumlah selisih kapasitas merupakan perbedaan antara BOP tetap yang dianggarkan dengan Bop tetap yang dibebankan pada produk.

 

Terjadinya selisih tersebut disebabkan karena beberapa factor :

  1. Kurang tepatnya taksiran BOP yang digunakan untuk menghitung tariff
  2. BOP sesungguhnya terjadi lebih besar atau lebih kecil bila dibandingkan dengan BOP yang dianggarkan yang telah disesuaikan pada tingkat kapasitas yang sesungguhnya. Hal ini merupakan petunjuk bahwa perusahaan telah mengeluarkan BOP terlalu banyak atau terlalu hemat.
  3. Kegiatan produksi lebih besar atau kurang untuk menyerap bagian biaya overhead tetap untuk bulan tertentu. Hal ini menunjukkan ketidakefisienan atau efisiensi adanya, tidak time/timeover.
  4. Selisih BOP mungkin terjadi sebagai akibat factor-faktor musiman. Seperti perbedaan hari dalam bulan dan sifat-sifat elemen BOP tertentu.

 

Share by : riska haryati seilya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: