120122 AKT. Sektor Publik – Analisis Investasi Publik

Published Januari 22, 2012 by seilyariskyu

 PROGRAM INVESTASI PUBLIK

Keputusan investasi publik diperlukan untuk mendukung pelaksanaa program, kegiatan dan fungsi yang menjadi prioritas kebijakan. Pengeluaran untuk investasi public harus mendapat perhatian yang lebih besar di bandingkan dengan pengeluaran rutin, karena pengeluaran investasi/modal memiliki efek jangka panjang, sedangkan pengeluaran rutin lebih berdampak jangka pendek. Kesalahan dalam melakukan pengambilan keputusan investasi tidak saja akan berdampak pada anggaran tahun berjalan, namun juga akan membebani anggaran tahun-tahun berikutnya.

Investasi public memiliki kaitan yang erat dengan penggaran modal/investasi. Pengaggaran modal/investasi merupakan proses untuk menganalisis proyek-proyek dan memutuskan apakah proyek tersebut dapat diakomodasi oleh anggaran modal/investasi. Untuk memberikan mekanisme dalam mengatur proyek investasi public secara lebih efisien dan efektif, maka perlu dilakukan analisis investasi secara mendalam. Analisis investasi berhubungan erat dengan pengaggaran fungsional, alokasi sumber daya, dan praktik manajemen keuangan di sector public. Selain itu, program investasi public merupakan bentuk dari dual budgeting, yaitu pemisahan anggaran modal/investasi dari anggaran rutin.

 

Sebelum diambil keputusan untuk investasi, pemerintah terlebuh dahulu perlu menentukan kebutuhan investasi yang diperlukan. Untuk menentukan kebutuhan investasi perlu dilakukan evaluasi yang mencakup:

  1. inventarisasi investasi
  2. Inventarisasi investasi memuat daftar nama dan jenis investasi, nilai investasi, kondisi barang modal yang saat ini ada, apakah baik ataukah buruk.
  3. Cakupan layanan dengan tingkat investasi yang sekarang ada.
  4. Tambahan cakupan layanan yang di butuhkan saat ini dan masa yang akan datang.
  5. Inventarisasi kebutuhan investasi
  6. Evaluasi kelayakan inventasi
  7. Kriteria kelayakan investasi yang meliputi aspek-aspek teknis, sosial budaya, finansial, ekonomi dan aspek distribusi.

 share by : riska haryati seilya

22 Januari 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: