120119 AUDITING – PROFESI CPA

Published Januari 22, 2012 by seilyariskyu

KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) ATAU (CAPF)

Kantor Akuntan Publik (KAP) adalah suatu bentuk organisasi akuntan publik yang memperoleh izin sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berusaha di bidang pemberian jasa profesional dalam praktik akuntan publik. Timbul dan berkembangnya profesi akuntan publik di suatu negara adalah sejalan dengan berkembangnya perusahaan-perusahaan dan bentuk badan hukum perusahaan di negara tersebut.

AKTIVITAS KAPs

1. JASA ASSURANCE: Jasa profesional independen yang meningkatkan mutu informasi sebagai basis bagi pengambil keputusan terhadap keputusan yang akan mereka ambil.

2. JASA ATESTASI: Jasa yangmemberikan suatu pernyataan pendapat atau pertimbangan orang yang independen dan kompeten tentang apakah asersi suatunentitas sesuai dalam semua hal yang material, dengan kriteria yang telah ditetapkan. 4 jenis jasa atestasi:

a. Audit: pemerolehan dan penilaian bukti yang mendasari laporan keuangan historis sesuai entitas yang berisi asersi yang dibuat oleh manajemen entitas tersebut.

b. Pemeriksaan (examination): jasa yang dihasilkan oleh profesi akuntan publik yang berupa pernyataan suatu pendapat atas kesesuaian asersi yang dibuat oleh pihak lain dengan kriteria yang telah ditetapkan.

c. Review: Permintaan keterangan dan prosedur analitik terhadap informasi keuangan sesuai entitas dengan tujuan untuk memberikan keyakinan negatif atas asersi yang terkandung dalam informasi keuangan tersebut. Dalam jasa review hanya melakukan dua prosedur yaitu: permintaan keterangan dan prosedur analitik

d. Prosedur yang Disepakati: Jasa atestasi atas asersi manajemen dapat dilaksanakan oleh akuntan publik berdasarka prosedur yang disepakati antara klien dengan akuntan publik. Lingkup pekerjaan yangdilaksanakan oleh akuntan publik dalam menghasilakan jasa atestasi dengan prosedur yang disepakati lebih sempit dibandingkan dengan audit dan pemeriksaan.

3.       JASA NONASSURANCE: Jasa yang dihasilakn olehakuntan publik yang didalamnya ia tidak memberikan suatu pendapat, keyakinan negatif, ringkasan temuan, atau bentuk lain keyakinan. Jenis jasa nonassurance:

a. Jasa Kompilasi: akuntan publik melaksanakan berbagai jasaakuntansi kliennya, seperti pencataan transaksi akuntansi, hingga penyusunan laporan keuangan.

b. Jasa Perpajakan: Meliputi bantuan berupa pengisian surat pemberitahuan pajak tahunan (SPT) pajak penghasilan, perencanaan pajak, dan bertindak mewakili klien dalam menghadapi masalah perpajakan.

c Jasa Konsultasi:

  • Konsultasi: Memberi konsultasi atau saran profesional yang memerlukan respon segera, berdasarkan pengetahuan mengenai klien, keadaan, masalah teknis, dan tujuan pihak terkait.
  •  Jasa pemberian saran profesianal: mengembangakan temuan, simpulan, dan rekomendasi untuk dipertimbangkan dan diputuskan oleh klien.
  • Jasa implementasi: mewujudkan rencana kegiatan menjadi kenyataan.
  • Jasa transaksi: menyediakan jasa yang berhubungan dengan beberapa transaksi khusus klien yang umumnya dengan pihak ketiga.
  • Jasa penyediaan staf dan pendukung lainnya: menyediakan staf yang memadai dan kemungkinan jasa pendukung lain untuk melaksanakan tugas yang ditentukan oleh klien.
  • Jasa produk: menyediakan bagi klien suatu produk dan jasa profesional sebagai pendukung atas instalasi, penggunaan, atau pemeliharaan produk tertentu.
share by : riska haryati seilya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: